PPC Iklan Blogger Indonesia

Sabtu, 23 Februari 2013

Tiga Kunci Sukses: Sikap, Keyakinan, dan Totalitas

Penemuan Tiga Kunci Sukses Ini

Tiga Kunci Sukses: Sikap, Keyakinan, dan TotalitasBeberapa waktu lalu, saat saya mengantar anak saya ikut lomba mewarnai di salah satu super market di Cimahi, sambil menunggu saya jalan-jalan di sebuah toko buku terdekat. Tidak ada buku yang saya cari, hanya lihat-lihat saja. Saya melihat sebuah buku dengan gambar seorang pemuda yang sedang hormat.
Saya sebenarnya sudah sering lihat buku itu sebelumnya, namun belum tergerak untuk memilikinya. Untuk kali ini, saya memutuskan untuk mengambil buku itu dan satu buku lainnya. Saya ke kasir dan membayarnya.
Buku itu adalah “Revolusi Pedas” Sang Presiden Maicih.
Saya rasa, saya akan dapat pelajaran dari buku ini, dari perjalanan Kripik Maicih yang menembus omset milyaran hanya dalam waktu sekitar 2 tahun. Sebuah perjalanan luar biasa dan tidak ada salahnya untuk saya contoh. Di buku inilah, bahkan di jilidnya saya membaca sebuah tulisan Sikap, Keyakinan, dan Totalitas.

Tidak Seperti Yang Diduga Banyak Orang

Setelah saya membaca buku ini, saya menjadi teringat dengan kisah nyata Bill Gates. Ada kesamaan? Ya, menurut pandangan saya ada kesamaan. Keduanya merintis bisnis pada usia yang hampir sama dan meraih sukses dalam waktu cepat. Reza Nurhilman (Presiden Maicih) mirip dengan Bill Gates, keduanya bisa membangun sebuah bisnis dan meraih sukses dalam waktu yang sangat singkat (hitungan tahun). Jika Bill Gates menjadi orang terkaya sekarang, bagaimana dengan Reza Nurhilman? Kita lihat saja nanti.
Yang menjadi perhatian saya, banyak orang yang berpikir dan berharap, bahwa bisa membangun bisnis besar hanya dengan waktu 2 tahun seperti Reza ini. Betulkah?
Tentu saja bisa, dengan berbagai catatan. Namun, sayang banyak yang beranggapan segala sesuatu bisa dicapai dengan instan. Padahal, pada kenyataanya baik Reza maupun Bill Gates tidak meraihnya dengan instan. Sikap atau bermental instan itu harus kita hindari.
Sikap seperti ini akan membuat orang frustasi, karena bisa saja dia sudah mencoba menjalankan bisnis namun sudah lewat 2 tahun, tidak ada perkembangan yang berarti, bahkan tidak sedikit yang gulung tikar. Kemudian dia mengambil kesimpulan kalau bisnis itu bukan untuk dirinya.
Yang saya lihat dari Bill Gates maupun Reza Nurhilman adalah keduanya memiliki kesamaan bahwa mereka sudah menempa diri sejak SMA. Bill Gates sudah mulai suka melahap buku-buku bisnis sejak SMA. Dia membangun sikapnya sejak SMA. Begitu juga dengan Reza, dia menempa diri dengan bergabung MLM sejak SMA. Reza, di halamam 93 menyebutkan “Pencerahan itu Bernama MLM”. Selama di MLM-lah sikap mental Reza ditempa sehingga memiliki kepribadian yang kuat.

Membangun Sikap Juga Perlu Waktu

Dari situ saya melihat bahwa butuh waktu untuk membina sikap kita supaya benar-benar memiliki sikap orang yang sukses. Membangun sikap memerlukan belajar dan praktek sehingga benar-benar sikap-sikap positif menyerap dalam diri Anda. Anda tidak bisa hanya dengan membaca buku tentang sikap, kemudian Anda langsung memiliki sikap yang hebat. Tidak, sikap itu perlu benar-benar menyatu dengan diri Anda.
Inilah yang tidak seperti dugaan banyak orang, dimana kebanyakan orang lebih fokus bertanya “how” bagaimana cara melakukan ini dan itu. Masih sedikit yang memikirkan bagaimana membangun sikap sukses terlebih dahulu. Padahal sikap sukses itu sangat penting untuk menentukan keberhasilan Anda.

85% Faktor Sukses Itu Adalah ….

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa faktor sukses yang paling menentukan adalah sikap. Sementara banyak orang yang menganggap bahwa penentu sukses itu adalah masalah teknis bahkan ada yang menganggap faktor sukses itu adalah keberuntungan. Dari penelitian di Harvard University, 85% penentu sukses itu adalah sikap, masalah teknis itu hanya 15%.
Artinya jika Anda sudah memiliki sikap positif, 85% keberhasilan akan Anda raih dalam waktu yang tidak lama lagi. Sebaliknya jika Anda hanya mampu secara teknis, maka Anda baru mencapai 15% keberhasilan.


Perkuat Keyakinan Anda

Anda tidak akan pernah bisa bertindak hebat jika Anda tidak memiliki keyakinan yang kuat, baik pada Allah, pada diri, dan keyakinan bahwa apa yang Anda inginkan itu bisa tercapai.
Memiliki keyakinan yang kuat itu sangat penting, sebab ini akan membuka kunci sukses yang ketiga. Bagaimana Anda bisa totalitas jika Anda tidak yakin bisa berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Copyright © motivasi hidup Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger